Juli 10, 2012

Katup Servis [Service Valve]



Katup ini berfungsi untuk menyambungkan komponen dan katup yang digunakan untuk pengisian refrigeran atau pemvakuman sistem. Katup servis biasanya berada di saluran suction kompresor atau disaluran pipa cair [liquid line], menyatu dengan liquid receiver.


Pada gambar di atas katup servis dipasang di discharge kompresor atau di liquid receiver. Konstruksi katup servis ada yang terdiri dari 3 atau 4 saluran, namun pada gambar ini katup servis dengan 3 saluran.

Posisi 1
Saluran ini dihubungkan ke pompa vakum saat pemvakuman, dan saat melakukan pengisian refrigeran dihubungkan ke tabung refrigeran

Posisi 2
Saluran yang dihubungkan ke discharge line, saluran ke kondensor [atau ke pipa liquid line, jika katup servis berada di liquid receiver]

Posisi 3
Dihubungkan dengan dicharge kompresor [atau di liquid receiver]

Katup servis dilengkapi juga dengan katup yang bisa diatur dengan pemutar baud pengatur [valve steam], dengan menggunakan kunci ratchet.
Posisi katup servis ada 3, di antaranya :

Back Stead
Untuk keadaan normal, posisi katup adalah back seated yang menghubungkan saluran 2 dan 3.


Mid Positioned
Mid positioned [cracked] adalah posisi katup untuk pemvakuman dan pengisian refrigeran

mengatur posisi mid ini, dengan cara sebagai berikut :
a)Putar pemutar baud pada katup servis menggunakan ratchet, putar ke kanan/ke kiri hingga katup pada posisi back/front [pastikan pemutar sudah tidak dapat diputar kembali]


b)Lalu kembali putar dengan arah berlawanan, kali ini hitung jumlah putaran yang dilakukan untuk mencapai keadaan katup front/back [dalam keadaan tidak bisa diputar lagi]


c)Jumlah putaran tersebut dibagi dua, maka putar lagi katup berlawanan arah dengan sebelumnya, sebanyak jumlah putaran yang telah dibagi 2 tadi, maka dengan cara ini posisi katup dalam keadaan mid steated



Front Seated 

posisi katup berada dibagian depan, yang salah satu kegunaannya digunakan saat pump down


Tidak ada komentar:

Juli 10, 2012

Katup Servis [Service Valve]



Katup ini berfungsi untuk menyambungkan komponen dan katup yang digunakan untuk pengisian refrigeran atau pemvakuman sistem. Katup servis biasanya berada di saluran suction kompresor atau disaluran pipa cair [liquid line], menyatu dengan liquid receiver.


Pada gambar di atas katup servis dipasang di discharge kompresor atau di liquid receiver. Konstruksi katup servis ada yang terdiri dari 3 atau 4 saluran, namun pada gambar ini katup servis dengan 3 saluran.

Posisi 1
Saluran ini dihubungkan ke pompa vakum saat pemvakuman, dan saat melakukan pengisian refrigeran dihubungkan ke tabung refrigeran

Posisi 2
Saluran yang dihubungkan ke discharge line, saluran ke kondensor [atau ke pipa liquid line, jika katup servis berada di liquid receiver]

Posisi 3
Dihubungkan dengan dicharge kompresor [atau di liquid receiver]

Katup servis dilengkapi juga dengan katup yang bisa diatur dengan pemutar baud pengatur [valve steam], dengan menggunakan kunci ratchet.
Posisi katup servis ada 3, di antaranya :

Back Stead
Untuk keadaan normal, posisi katup adalah back seated yang menghubungkan saluran 2 dan 3.


Mid Positioned
Mid positioned [cracked] adalah posisi katup untuk pemvakuman dan pengisian refrigeran

mengatur posisi mid ini, dengan cara sebagai berikut :
a)Putar pemutar baud pada katup servis menggunakan ratchet, putar ke kanan/ke kiri hingga katup pada posisi back/front [pastikan pemutar sudah tidak dapat diputar kembali]


b)Lalu kembali putar dengan arah berlawanan, kali ini hitung jumlah putaran yang dilakukan untuk mencapai keadaan katup front/back [dalam keadaan tidak bisa diputar lagi]


c)Jumlah putaran tersebut dibagi dua, maka putar lagi katup berlawanan arah dengan sebelumnya, sebanyak jumlah putaran yang telah dibagi 2 tadi, maka dengan cara ini posisi katup dalam keadaan mid steated



Front Seated 

posisi katup berada dibagian depan, yang salah satu kegunaannya digunakan saat pump down


Tidak ada komentar: