Katup ini berfungsi untuk menyambungkan komponen dan katup yang digunakan untuk pengisian refrigeran atau pemvakuman sistem. Katup servis biasanya berada di saluran suction kompresor atau disaluran pipa cair [liquid line], menyatu dengan liquid receiver.
Pada gambar di atas katup servis dipasang di discharge
kompresor atau di liquid receiver.
Konstruksi katup servis ada yang terdiri dari 3 atau 4 saluran, namun pada
gambar ini katup servis dengan 3 saluran.
Posisi 1
Saluran ini dihubungkan ke pompa vakum saat pemvakuman, dan
saat melakukan pengisian refrigeran dihubungkan ke tabung refrigeran
Posisi 2
Saluran yang dihubungkan ke discharge line, saluran ke
kondensor [atau ke pipa liquid line,
jika katup servis berada di liquid
receiver]
Posisi 3
Dihubungkan dengan dicharge kompresor [atau di liquid
receiver]
Katup servis dilengkapi juga dengan katup yang bisa diatur
dengan pemutar baud pengatur [valve steam], dengan menggunakan kunci ratchet.
Posisi katup servis ada 3, di antaranya :
Back Stead
Untuk keadaan normal, posisi katup adalah back seated yang
menghubungkan saluran 2 dan 3.
Mid Positioned
Mid positioned [cracked] adalah
posisi katup untuk pemvakuman dan pengisian refrigeran
mengatur posisi mid ini, dengan cara sebagai berikut :
a)Putar pemutar baud pada katup servis menggunakan ratchet, putar ke kanan/ke kiri hingga katup pada posisi back/front [pastikan pemutar sudah tidak dapat diputar kembali]b)Lalu kembali putar dengan arah berlawanan, kali ini hitung jumlah putaran yang dilakukan untuk mencapai keadaan katup front/back [dalam keadaan tidak bisa diputar lagi]
c)Jumlah putaran tersebut dibagi dua, maka putar lagi katup berlawanan arah dengan sebelumnya, sebanyak jumlah putaran yang telah dibagi 2 tadi, maka dengan cara ini posisi katup dalam keadaan mid steated
Front Seated
posisi katup berada dibagian depan, yang
salah satu kegunaannya digunakan saat pump down
Tidak ada komentar:
Posting Komentar